Ahad, 27 Oktober 2013

AYAM GORENG BAWANG PUTIH

Ayam Goreng Bawang Putih Sources:-From Just Try & Taste Tried & Tested:- Ayu@curlybabesatisfaction

Bahan: -
1 ekor ayam kampung muda (berat sekitar 700 gram), potong 8
3 labu bawang putih, pukul-pukul dengan kayu penggilas hingga memar tetapi tidak sampai hancur -(3 labu bawang putih diketuk jangan sampai hancur) - minyak yang banyak untuk menggoreng

Bumbu haluskan: -
8 siung bawang putih
3 siung bawang merah
2 sendok teh ketumbar disangai/serbuknya
2 ruas kunyit hidup /gunakan kunyit serbuk aje) -
1 sudu teh halia kisar)
Bumbu lainnya: - 1 sudu teh tepung jagung) -
1  sudu besar sos tiram) -
1 sudu teh garam
tambah serbuk perasa juga
2 sendok teh baking powder-

Cara membuat:
Siapkan ayam, bubuhi dengan perasan air limau nipis dari 1/2 biji + 2 sendok teh garam, remas-remas.lumurkan dengan air jus limau untuk hilangkan hanyir ayam.
Biarkan selama 15 menit, cuci bersih dan tiriskan.
Siapkan mangkuk, masukkan semua bumbu halus, tepung maizena, garam, baking powder dan saus tiram, aduk hingga rata. Masukkan ayam, aduk rata dengan spatula. Diamkan selama 20 menit hingga bumbu meresap. Siapkan bawang putih yang telah dipukul-pukul hingga sebagian bawang terlepas dari kulitnya dan memar, tetapi jangan sampai hancur ya.
Rasa garam gulanya.
Tuangkan minyak yang banyak. Panaskan minyak hingga benar-benar panas. Masukkan bawang putih dan goreng bawang putih hingga matang dan crispy, angkat dan tiriskan. Kita akan menggunakan minyak bekas menggoreng bawang untuk menggoreng ayam. Goreng ayam hingga seluruh permukaannya terendam minyak dan ayam berwarna coklat keemasan, balikkan ayam dan goreng sebelahnya lagi hingga matang. Jika minyak kurang banyak, goreng ayam dalam 2 atau 3 tahap. Angkat ayam dan tiriskan. Siapkan piring, alasi dengan tissue dapur. Letakkan ayam di atasnya dan taburi dengan bawang putih. Santap selagi ayam masih panas karena ketika telah mendingin ayam menjadi kurang crispy. Super yummy!

Tiada ulasan:

Catat Ulasan