Selasa, 5 November 2013

ROTI GULUNG KISMIS

Roti Gulung Kismis
Resep diadaptasikan dari blog Honey Bee Sweet - Soft Raisin Milk Loaf

Untuk 8 buah roti kismis
Bahan:
Bahan taizhong
- 1 kuning telur
- 15 gram tepung gandum
- 10 gram gula pasir
- 65 ml susu cair

Bahan roti:
- 250 gram tepung protein tinggi
- 30 gram gula pasir (1 sudu makan)
- 1/2 sudu teh garam
- 1 sudu teh ragi instant
- 1 sudu makan susu tepung
- 100 ml air
- 1 sudu makan mentega,

Bahan isi:
- 120 gram kismis, jika kismis kering maka rendam sebentar dengan air hangat hingga lunak. Peras airnya ketika akan digunakan.

Olesan:
- 1/2 sendok makan susu tepung+ 2 sendok makan air .

Cara membuat:
Adonan taizhong
1. masukkan bahan-bahan taizhong. Aduk menggunakan spatula balon hingga tercampur dengan baik menjadi adonan yang larut dan tidak menggumpal.
2.Masak taizhong diatas api kecil hingga mengental, ketika mulai agak mengeras matikan api kompor dan terus aduk hingga taizhong menjadi adonan yang pekat dan smooth. Hilangkan uap panasnya, tutup permukaan panci dengan plastik wrap dan simpan di kulkas selama 30 menit.

Membuat roti
Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung terigu, susu bubuk, garam, gula pasir, aduk rata menggunakan spatula. Tambahkan ragi instan, aduk merata. Tuangkan air ke permukaan tepung, biarkan sejenak terserap. Aduk adonan menggunakan tangan hingga air tercampur, tambahkan taizhong dan mulailah menguleni adonan. Awalnya adonan terasa lengket di tangan, teruskan menguleni adonan hingga semua tepung tercampur menjadi satu dan adonan menjadi bola yang kasar. Taburi permukaan meja dengan sedikit tepung terigu, tuangkan adonan roti dan mulailah menguleni adonan hingga kalis. Putar adonan selama anda menguleninya agar semua sudut teruleni dengan baik. Saya menggunakan dua tangan, tangan kiri menahan adonan, tangan kanan mendorong, menarik dan memutar adonan. Lakukan kegiatan menguleni ini hingga adonan terasa lemas dan lentur (+ 20 menit). Tambahkan mentega, dan uleni kembali hingga mentega tercampur dengan baik dan adonan menjadi bola yang smooth. Jika adonan terasa lengket, lumuri tangan anda dengan tepung terigu, jangan menuang tepung langsung diatas adonan.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan